Ini Cara Kerja Motor 4 (Empat) Tak Wajib Tau

Motor empat tak atau 4 langkah yaitu jenis motor yang poros kerjanya dikala ingin menghasilkan energi memerlukan dua putaran poros engkol atau juga memerlukan empat gerakan piston. Dan proses langkah kerja tersebut mencakup langkah isap, langkaah kompresi, langkah perjuangan dan langkah buang.

Agar motor terus hidup maka motor harus terus menerus membutuhkan energi, oleh lantaran itu motor memerlukan siklus kerja. Dan kali ini bitmof akan membahas mengenai cara kerja motor 4 tak atau empat langkah.

Langkah isap

Pada langkah ini piston bergerak mulai dari titik mati atas ke titik mati bawah. Sedangkan untuk posisi katup buang menutup dan katup masuk membuka. Karna cara kerja piston turun oleh lantaran itu ruang pembakar dan silinder akan menjadi hampa, sehingga gabungan antara udara dan materi bakar akan masuk dalam ruang silinder melalui katup masuk.

Langkah kompresi

Pada langkah ini kebalikannya, cara kerja piston pada langkah kompresi yaitu bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas. Sedangkan untuk posisi katup masuk maupun katup buang dalam kondisi menutup semua. Karena piston bergerak ke atas maka gabungan materi bakar dan udara tadi dimampatkan atau di kompresikan oleh piston, yang menimbulkan tekanan dan suhu udara menjadi naik. Kemudian gabungan materi bakar dan udara tadi akan terbakar oleh percikan bunga api yang yang dihasilkan dari percikan busi

Proses terjadinya pembakaran tersebut sangat cepat sehingga akan menghasilkan energi atau daya ledak. Waktu terjadinya pengapian hal tersebut tidak sanggup ditentukan berapa derajat, karna ada yang 10 dsampai 15 derajat, kemudian ada yang 18 derajat bahkan ada yang 5 derajat sebelum piston mencapai pada titik mati atas. Semua hal tersebut tergantung pada kerja motor dan penyetelan waktu pengapian.

Langkah usaha

Proses ini sanggup disebut juga dengan langkah kerja, pada langkah ini piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah. Sedangkan posisi kedua katup baik itu katup masuk dan katup buang menutup. Akan tetapi ada beberapa kendaraan di menjelang� selesai langkah usap katup buang membuka, hal tersebut bertujuan untuk gas buang sanggup membuang secara maksimal.

Pada langkah ini terjadi pembakaran yang begitu cepat antara gabungan materi bakar dan udara sehingga menghasilkan tekanan yang sangat berpengaruh yang akan mendorong piston turun ke bawah. Kemudian piston memutar poros engkol melalui batang piston. Sehingga energi yang dihasilkan sanggup tersalur pada poros engkol.

Langkah buang

Pada langkah ini piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas. Pembakaran yang menahsilkan energi tersebut aslinya dihasilkan dikala piston belum mencapai titik mati bawah. Sedangkan dikala piston bergerak ke atas itu hanya sekedar membuang gas sisa pembakaran yang masih tersisa dalam silinder yang kemudian akan dibuang melewati katup buang. Motor akan selalu mendapat energi bila siklus terus terus berulang.