Ini Alasan Kenapa Aki Kering Lebih Idial Di Indonesia

Tanpa aki kendaraan tidak akan sanggup hidup, karna tugas aki dalam kendaraan begi penting untuk menyalakan mesin kendaraan. Ketika mesin kendaraan beroda empat tersebut dihidupkan maka aki akan mendapat energy listrik dari alternator. Kemudian energy listrik yang didapatkan tersebut disimpan saat kendaraan beroda empat diparkir dan akan dipakai lagi saat mesin kendaraan beroda empat tersebut dipakai kembali.

Siklus menyerupai ini akan berjalan normal bila memang kondisi aki dalam keadaan baik. Tapi berbeda bila memang aki tersebut sudah lemah dan kondisinya tidak normal. Karna saat menghidupkan kendaraan beroda empat dengan starter itu membutuhkan daya minimum dari aki, bila kondisi aki terserbut tidak normal lagi maka kemungkinan mesin akan banyak omong saat ingin dihidupkan.

Sebagaimana yang kita jumpai di pasaran bahwa ada dua jenis baterai aki adalah baterai kering dan baterai basah, dan kedua jenis masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dan kebanyakan para penjual lebih menyarankan untuk memakai aki kering, dikarnakan aki kering lebih unggul dalam perawatan dan tidak terlalu sulit untuk merawatnya. Tidak menyerupai aki basah.

Karna aki kering berisi cairan berbentuk gel, dan penggunaan dari gel ini sangat minimum sehingga kualitasnya jarang sekali berkurang dari level normalnya dan aki jenis kering ini sangat cocok untuk pemili kendaraan beroda empat yang tidak mau ribet dalam urusan ngecek-mengecek aki. Tidak menyerupai aki lembap yang harus sering dirawat. Walaupun aki lembap harus dirawat lebih sering tapi aki lembap merupakan jenis aki yang idial dipakai di Indonesia. Sebab aki lembap lebih tahan suhu tinggi. terutama dengan posisinya yang berada di kompartemen mesin.

Hanya saja, air yang berada di dalam aki akan menguap, sehingga perlu ditambahkan secara berkala. Jadi, pemilik perlu menyidik ketinggian air aki, setidaknya satu ahad sekali.