Akhirnya Terungkap Sudah Penyebab Rusaknya Motor Yzr-M1 Yang Di Tunggangi Oleh Rossi!!

Seperti yang telah diketahui, bahwa kerusakan mesin yang motor YZR-M1 yang di tunggangi oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di Grand Prix Italia pada tanggal 22 Mei 2016 yang kemudian memang masih menyisakan sebauh teka-teki. Pasalnya, penyebab dari kerusakan pada mesin tersebut masih belum diketahui. Berdasarkan dari analisa beberapa pengamat MotoGP, kerusakan itu terjadi lantaran mesin mengalami overheat. Namun, kabar terbaru lainnya yang berasal dari sumber internal Yamaha menyampaikan bahwa penyebab kerusakan mesin tersebut dikarenakan Overreved.

Kronologi dari bencana tersebut berawal dari motor YZR-M1 yang di tunggangi oleh Rossi tiba-tiba berasap ketika berada di sirkuit Mugello. Lorenzo sendiri juga sempat mencicipi pertama kalinya ketika menjalani pemanasan dan ia sempat mengganti mesinnya, dan hingga kesannya ia sanggup menjadi pemenang balapan tersebut. Namun berbeda dengan Rossi yang gres saja mencicipi bencana itu ketika race berlangsung dan ia pun harus menelan pil pahit dengan gagal finis di depan pendukungnya sendiri.

Namun sesudah di lakukan penyelidikan, ternyata penyebab dari bencana tersebut disebabkan oleh ovverreved atau putaran mesin yang melebihi batas maksimum. Mengingat bahwa trek lurus sepanjang 1141 m menjadi belahan yang menyiksa mesin dan ditambah lagi dengan permukaan aspal yang tidak rata serta bergelombang di beberapa titik. Hal tersebut lah yang menjadi alasan besar lengan berkuasa terjadinya ovverrevved. Saat melewati permukaan yang tidak rata dan ban motor belakang mengambang di atas permukaan aspal beberapa detik sehingga menyebabkan putaran mesin melebihi batas maksimal.

Kejadian yang terjadi itu pun membawa kekhawatiran lebih bagi Rossi apabila hal tersebut akan kembali terjadi. Pasalnya, apabila Rossi kembali gagal finis maka gap pin antara dirinya dan puncak klasemen akan menjadi semakin jauh sehingga sanggup di pastikan akan sangat susah meraih gelar juara dunia yang kesepuluh.

Namun, Kouji Tsuya selaku Yamaha YZR-M1 Project Leader telah menjamin bahwa bencana ini tidak akan terjadi lagi untuk yang kedua kalinya. Karena kami telah mencar ilmu dari bencana di Mugello, dan sudah memodifikasi pengaturan rev limiter tersebut. Maka dari itu, ketika ini kami yaitu bahwa untuk perfoma M1 di sirkuti-sirkuit lainnya akan Oke.